Agen properti profesional sangat dibutuhkan fungsinya saat seseorang sedang mencari sebuah rumah seperti yang diinginkan. Namun sebaiknya, Anda jangan sampai terjebak dengan memilih sebuah agen yang yang salah karena tidak dapat dipercaya dan hanya mencari keuntungan semata. Fungsi utama sebuah agen properti adalah membantu mencarikan sebuah rumah dijual seperti yang diinginkan oleh seorang konsumen. Selebihnya, konsumen dapat berkonsultasi perihal rumah dan produk properti yang lain pada sebuah agen. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan sebuah agen properti untuk mencari sebuah rumah yang didambakan selama ini.

Berbagai kemudahan saat memanfaatkan agen properti profesional

memanfaatkan agen properti

Ada beberapa kemudahan atau keuntungan saat Anda menyewa dan memanfaatkan sebuah agen properti untuk mencari sebuah rumah. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian singkat di bawah ini.

Keuntungan yang pertama, yaitu Anda akan memiliki banyak pilihan stok rumah, dengan lokasi, harga, dan model bangunan rumah. Hal itu dikarenakan seorang agen properti pasti memiliki sebuah referensi yang cukup banyak yang bisa ditawarkan kepada Anda. Selain itu, agen properti akan memberikan harga rumah yang wajar atau normal. Pasalnya, mereka sudah dilatih untuk menjual sebuah produk properti, seperti rumah dengan harga yang berlaku di pasaran.

Anda tidak perlu memberikan komisi kepada agen properti karena sudah diberikan oleh orang atau pihak yang menyewanya untuk menjualkan rumah. Sementara itu, semua stok produk properti yang ditawarkan pasti terjamin dan jelas status hukumnya. Tidak dapat dipungkiri saat ini masih banyak produk properti yang ternyata bermasalah atau masih dalam kasus sengketa, tetapi nekat untuk diperjualbelikan. Dengan begitu, Anda sebagai kosumen dapat merasa aman dan nyaman saat membeli sebuah rumah dengan perantara agen properti.

Bahkan, sebuah agen properti dapat membantu Anda saat mengurusi kredit kepemilikan rumah (KPR). Dengan cara seperti itu, Anda menjadi lebih menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Selain mengurus KPR, seorang agen properti dapat menguruskan Akta Jual Beli dan nota real jual beli di notaris. Sementara itu, validasi PBB, BPHTB, BBN, dan PPH juga dapat diurusi dengan peratara agen properti. Bayangkan jika Anda harus mengurusi sendiri, tentu akan membuang-buang waktu secara percuma.

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan saat menyewa agen properti, Anda sudah seharusnya melakukan cara ini. Dapatkan sebuah rumah dengan harga yang sesuai, tipe yang cocok, dan kondisi serta lokasi yang memadai hanya dengan bantuan agen properti profesional.

Terhindar dari resiko penipuan

penipuan penjualan properti

Cukup banyak makelar rumah yang bekerja secara freelance tanpa ada landasan hukum saat melakukan kegiatan menjual rumah. Sebaiknya, Anda jangan melakukan negosiasi dengan makelar rumah seperti itu untuk menghindari tindak penipuan. Hal itu dikarenakan saat ini disinyalir tidak sedikit pihak-pihak yang bertanggung jawan dengan menjual produk properti, seperti rumah kepada konsumen tetapi tanpa surat-surat yang jelas. Sebuah rumah dijual dengan harga di bawah harga pasaran. Tentu saja seorang konsumen akan begitu tertarik untuk membelinya. Padahal tidak menutup kemungkinan di kemudian hari rumah tersebut akan diperkarakan hingga ke meja hijau. Jika seperti itu, tentu saja Anda yang akan dirugikan. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah.

Sebaiknya Anda mencari agen properti yang dapat dipercaya, kinerjanya bagus, serta popularitasnya dapat diacungi jempol. Agen properti perofesional seperti itulah yang harus Anda pilih dalam mendapatkan sebuah rumah seperti yang diharapkan.