post

Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Di musim kemarau, Indonesia akan mengalami kekeringan karena hujan jarang sekali terjadi. Dan di musim hujan, kondisi suhu di Indonesia akan sedikit lebih dingin karena hampir setiap hari negara Indonesia akan dilanda hujan.

Ngomong-ngomong masalah musim, berbeda sekali dengan kota Bogor. Kota ini dikenal dengan kota Hujan karena pada saat musim kemarau, di kota ini tetap terjadi hujan, musim kemarau yang terjadi di kota ini sangatlah pendek.

Musim kemarau di kota Bogor biasanya terjadi pada bulan Juli hingga bulan September. Suhu rata-rata pada musim kemarau yakni 30 sampai 32 derajat celcius. Walaupun kemarau, tetap saja di kota ini sering terjadi hujan.

Yang membuat kota ini sering mengalami hujan karena wilayah Bogor berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Salak sehingga kawasan ini sering dilanda hujan orografi atau hujan yang terjadi di daerah pegunungan. Angin laut membawa awan dari Laut Jawa ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor. Uap air langsung terkondensasi sehingga menjadikan turunnya hujan. Kondisi ini yang membuat Bogor sering sekali turun hujan.

Tapi, pada tahun 2015 kawasan Bogor sempat mengalami kekeringan. Hal ini dikarenakan saat itu terjadi dampak siklus El Nino berjangka lima hingga tujuh tahunan sehingga membuat kawasan ini menjadi kering. Awan tidak akan menjadi hujan karena terhempas oleh aktifitas El Nino Samudra Pasifik. Akibat kejadian ini, saat musim kemarau di Bogor waktu itu hampir tidak ada hujan sama sekali.

Dengan kondisi cuacaya yang asri, area ini mejadi begitu populer bagi mereka yang mencari tempat tinggal untuk keluarga dengan lingkungan yang asri. Salah satunya yang paling populer adalah Sentul City yang merupakan kawasan kota pegunungan dengan luas kawasan sekitar 3000 hektar. Lokasinya berada di Kecamatan Babakan Madang, Bogor yang dikembangkan oleh PT Sentul City Tbk. Di kawasan ini terdapat berbagai perumahan dan tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar Jabodetabek saat hari libur. Tempat wisata yang ada di Sentul City meliputi dari wisata alam dan juga wisata kuliner.

Selain itu juga, lokasi ini memiliki kawasan komersial yang  terdiri dari ruko-ruko dan pusat perbelanjaan di kawasan perumahan sehingga mereka yang tinggal di sana bisa memenuhi kebutuhan keluarga dengan mudah. Dengan statusnya yang sebagai kawasan di kota hujan dan lokasinya berkembang, perumahan di sana banyak sekali di incar oleh keluarga.

Artikel ini sengaja saya buat untuk membahas alasan Kota Bogor disebut sebagai kota hujan. Setelah membaca artikel ini, mungkin kalian tidak penasaran lagi dengan alasan julukan tersebut diberikan kepada Kota Bogor.